R. Amarulloh, NPM. 158060043 (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SERTA MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ARTIKEL RICKY 158060043.doc Download (58kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa SMK yang rendah dan tingkat kecemasan matematika yang tinggi. Padahal kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika ini sangatlah penting dalam matematika, dengan pemahaman dan komunikasi matematika akan dapat menumbuhkan kemampuan siswa dengan baik dan benar pada setiap permasalahan matematika yang muncul. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa, untuk mengetahui penurunan tingkat kecemasan matematika siswa, untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pemahaman, komunikasi matematika dan kecemasan matematika siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran atau Mixed Methode dengan tipe The Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di salah satu SMK Negeri 1 Soreang di Kabupaten Bandung tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel yang dengan teknik “purposive sampling” diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika, angket kecemasan matematika, pedoman wawancara serta lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran ekspositori, tingkat kecemasan matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing lebih rendah daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan ekspositori, terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman, komunikasi matematika dan kecemasan matematika siswa serta faktor-faktor kecemasan yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika adalah pengalaman belajar sebelumnya, guru yang mengajar sebelumnya dan diri siswa itu sendiri. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika, Metode Penemuan Terbimbing, Kecemasan Matematika
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 03:11 |
Last Modified: | 31 May 2018 02:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31320 |
Actions (login required)
View Item |