PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENGIDENTIFIKASI JAMUR BASIDIOMYCOTA

ANITA MARFISA, 135040014 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENGIDENTIFIKASI JAMUR BASIDIOMYCOTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. JILID SKRIPSI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK INDONESIA & INGGRIS.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan siswa kelas X dalam mengidentifikasi jamur basidiomycota dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis praktikum. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA AL-Falah Kota Bandung berjumlah sebanyak 24 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy experiment) nonequivalen control groups pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest sebanyak 20 butir soal, setiap soal yang dibuat mewakili masing-masing tingkatan proses kognitif, dan juga menggunakan Instrumen berupa angket untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbasis praktikum dan lembar observasi selama pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode discovery learning. Analisis data menggunakan pretest dan posttest nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran discovery learning pada konsep jamur basidiomycota adalah sebesar 74,17 dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar sebelum siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu sebesar 68,96. Berdasarkan hasil rata-rata tersebut, terdapat selisih antara rata-rata sebesar 5,21 yang menandakan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada konsep jamur basidiomycota terbukti efektif mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA AL-FALAH Bandung. Kata kunci : discovery learning, praktikum, dan jamur basidiomycota.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 02:23
Last Modified: 21 Oct 2017 02:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31237

Actions (login required)

View Item View Item