PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN DENGAN MEMAHAMI DAN BEREMPATI PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

NENG SIPA RESMITA, 135040064 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN DENGAN MEMAHAMI DAN BEREMPATI PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT B. INGGRIS.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peningkatan kemampuan siswa dalam mendengarkan dengan memahami dan berempati (kebiasaan berfikir) pada konsep Pencemaran lingkungan di kelas X IPA SMA IT Fithrah Insani. Hipotesis yang penulis ajukan adalah “Terdapat peningkatan kemampuan mendengarkan dengan memahami dan berempati (kebiasaan berfikir menggunakan model pembelajaran Problem Best Learning (PBL) pada konsep Pencemaran lingkungan.” Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pra-Eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian yaitu: Penilaian pada ranah kognitif mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut bisa dilihat dari hasil perolehan uji normalitas pretest 0,044 dan posttest0,092 sehingga menunjukkan hasil yang signifikan. Penilaian pada ranah afektif memperoleh nilai jumlah rata-rata skor 82 dan penilaian pada ranah psikomotor memperoleh nilai rata-rata skor 77,50.Berdasarkan uraian di atas maka pengaruh model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dengan memahami dan berempati pada konsep pencemaran lingkungan mengalami peningkatan pembelajaran yang signifikan. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Mendengarkan dengan Memahami dan Berempati, Konsep Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:13
Last Modified: 20 Oct 2017 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31138

Actions (login required)

View Item View Item