PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJUKAN SOAL, MENCARI DATA DAN JAWABAN SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Karina Nuzquri, 135040098 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJUKAN SOAL, MENCARI DATA DAN JAWABAN SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
A.1 halaman cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A.7 ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap keterampilan mengajukan soal, mencari data dan jawaban siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada keterampilan mengajukan soal, mencari data dan jawaban. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA B di SMA Angkasa Bandung tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 36 orang. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian aspek kognitif mendapat nilai N-Gain 0,64 dengan kategori sedang, penilaian pada aspek afektif mendapat jumlah rata-rata 91,11 dengan kategori sangat baik, penilaian pada aspek psikomotor mendapat jumlah rata-rata 91,14 dengan mencapai kategori sangat baik, dan penilaian angket sikap dan tanggapan siswa menunjukkan rata-rata keseluruhan 73,15 dengan kategori baik. Hasil uji korelasi aspek kognitif dengan aspek afektif memiliki nilai koefesien korelasi 0.590, aspek afektif dengan aspek psikomotor memiliki nilai koefesien korelasi 0.714, dan aspek psikomotor dengan aspek kognitif memiliki nilai koefesien korelasi 0.621 dengan signifikan 0,00 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan mengajukan soal, mencari data dan jawaban. Kata kunci: Problem Based learning, habits of mind, mengajukan soal, mencari data dan jawaban, pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:33
Last Modified: 20 Oct 2017 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31125

Actions (login required)

View Item View Item