C.A. FAUZI YUSIMA, 135020101 (2017) PENGARUH METODE DISKUSI BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IIS 2 DI SMA NEGERI 1 PARONGPONG (Studi kasus pada mata pelajaran Ekonomi dalam pebelajaran bank sentral dan alat pembayaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 2.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB 3.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
17. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Pengaruh Metode Diskusi Berbasis Audio-Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bank Sentral dan Sistem pembayaran Kasus Mata Ekonomi Kelas X IIS 2 SMAN 1 Parompong”. Perkembangan suatu bangsa erat hubungannya dengan masalah pendidikan. Pendidikan adalah sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi berbasis audio-visual dan minat belajar siswa dalam pembelajaran bank sentral dan sistem pembayaran. studi kasus pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMAN 1 Parompong serta untuk mengetahui pengaruh metode diskusi berbasis audio-visual terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran bank sentral dan sistem pembayaran. Studi kasus pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMAN 1 Parompong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMAN 1 Parompong yang berjumlah 38 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran audio-visual sebesar 4,02, sedangkan mengenai minat belajar siswa sebesar 4,01, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap media pembelajaran audio-visual dan minat belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran audio-visual yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,650%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 65% terhadap variabel Y dan sisanya 35% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 65% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan keunggulan media audio-visual. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi metode yang menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran audio-visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena cara ini dapat membuat siswa lebih berminat untuk belajar dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode diskusi berbasis Audio-Visual, Minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 02:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 02:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31086 |
Actions (login required)
View Item |