Dita Nurcahya Ambarwati, 135060161 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pasirhalang 1 Kab. Bandung Barat Kelas IV Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSRTAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (646kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SJRIPSI 1.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pasirhalang 1, sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Penilaian hasil belajar siswa mulai dari siklus I, siklus II, dan siklus III diperoleh dari sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab, kognitif (posttest), dan psikomotor (keterampilan berkomunikasi). Hasil sikap percaya diri siswa pada siklus I yaitu 44% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 75% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 90%. Hasil sikap peduli siswa pada siklus I yaitu 44% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 71% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 82%. Hasil sikap tanggung jawab siswa pada siklus I yaitu 56% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 75% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 90%. Hasil psikomotor (keterampilan berkomunikasi) siswa pada siklus I yaitu 63% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 78% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 90%. Hasil kognitif (posttest) siswa pada siklus I yaitu 56% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 78% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 90%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 08:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 08:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31082 |
Actions (login required)
View Item |