Putri Riyanti, 135050100 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAC.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering). Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; 2) Mengetahui peningkatan selfconfidence siswa yang memperoleh model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Exel dan software SPSS 18.00 for windows. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) peningkatan self-confidence siswa yang menggunakan model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih tinggi daripada self-confidence siswa yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:28 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30909 |
Actions (login required)
View Item |