HALGI BAITUL RAHMAN, 135060191 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Tambak Dahan Kecamatan Tambak Dahan Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya aktivitas belajar siswa yang belum efektif. Rendahnya aktivitas belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, sikap peduli santun siswa serta hasil belajar baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tambak Dahan, sebanyak 35 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pada aspek aktivitas mencapai 66,2% kategori baik (B), di siklus II mencapai 75% kategori baik (B), dan pada siklus III mencapai 88,5% kategori sangat baik (A). Hasil belajar aspek afektif yaitu sikap peduli dan santun cenderung berada kategori cukup (C), pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori baik (B), pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori sangat baik (A) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek kognitif siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau sebesar 51.4% dan siswa yang belum tuntas KKM sebanyak 18 orang siswa atau sebesar 48.6% Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 68.6% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang siswa atau sebesar 31.4%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 31 orang atau sebesar 88.6% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 11.4%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa dalam mencari informasi cenderung berada di kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada di kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam kebersamaan. Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:10 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30901 |
Actions (login required)
View Item |