SILVI AGUSTINA PENU, 135050089 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PRODUCTIVE DISPOSITION MATEMATIS SISWA SMP DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER DEPAN SKRIPSI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data PISA yang diselenggarakan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2012. Peringkat siswa Indonesia selalu berada lima besar pada kelompok bawah. Pada tahun 2012 siswa Indonesia berada pada peringkat 64 dari 65 peringkat dengan nilai rata-rata di bawah nilai rata-rata OECD (OECD, 2012). Hal ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Keadaan ini merupakan suatu permasalahan dalam pendidikan Indonesia khususnya bagi pendidik dan pemerhati pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Meaningful Instruction Design terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan Productive Disposition matematis siswa SMP di Kota Bandung. Berdasarkan metodenya penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP ADVENT II Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP ADVENT II Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian soal -soal kemampuan pemahaman matematis. Sedangkan skala sikap menggunakan angket Productive Disposition yang berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai pembelajaran matematika. Tes diujicobakan terlebih dahulu kemudian dianalisis. Dari hasil analisis diperoleh tingkat validitas sedang, koefisien reliabilitas kuat, daya pembeda cukup dan sangat baik, serta tingkat kesukaran mudah, sedang dan sulit. Berdasarkan hasil analisis tersebut, instrumen tes tersebut dapat digunakan dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t (Independent Sample t-Tes) , uji komparatif dua sampel melalui program SPSS 18.0 for windows serta rumus Normal Gain. Sesuai dengan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instruction Design lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning, peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instruction Design lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning, dan sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan model Meaningful Instruction Design. Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Meaningful Instruction Design, dan Productive Disposition.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 06:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 06:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30888 |
Actions (login required)
View Item |