PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV D SDN Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung)

DELLA AZELIA WILANI, 135060181 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV D SDN Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
Dapus.pdf

Download (538kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV D SDN Cibaduyut 148 Bandung. Pembelajaran yang diberikan secara konvensional yang cenderung monoton menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan siswa tidak mampu untuk berinteraksi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV D SDN Cibaduyut 148 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV D SDN Cibaduyut 148 Bandung Tahun Pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes, adapun alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar test untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa, sikap peduli, santun dan keterampilan mencari informasi. Pada penilaian hasil belajar siklus I 37,03% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 63%, dan siklus III sebesar 85,20%. Pada penilaian sikap peduli siklus I yaitu 42,55% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 66,70%, dan siklus III 83,50%. Pada penilaian sikap santun pada siklus I yaitu 33,50% tuntas, siklus II 64,78%, dan siklus III 81,50%. Pada aspek keterampilan mencari informasi pada siklus I memperoleh 33,50% siswa tuntas, siklus II 64,78%, dan siklus III 85,50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV D SDN Cibaduyut 148 pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:37
Last Modified: 17 Oct 2017 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30886

Actions (login required)

View Item View Item