ADITYA KUSUMAH HADI, 135060148 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS .pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA. fulldocx.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan model discovery learning yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan tema kayanya negeriku. Yang dihadapi pada subtema ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model discovery learning berguna untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Hopkins dalam Masnur Muslich (2012, hlm. 43). Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : siklus I siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 56% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 44%, siklus II siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 76% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 24%, dan siklus III yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 92% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 8%. Kata kunci : Discovery Learning, Percaya Diri, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 04:10 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 04:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30863 |
Actions (login required)
View Item |