PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SUBTEMA 1 WUJUD BENDA DAN CIRINYA DI KELAS V SDN RANCASAWO 1 (Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada Siswa Kelas V SDN Rancasawo 1 pada Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Wujud Benda dan Cirinya)

Elis Sri Rahayu, 135060046 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SUBTEMA 1 WUJUD BENDA DAN CIRINYA DI KELAS V SDN RANCASAWO 1 (Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada Siswa Kelas V SDN Rancasawo 1 pada Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Wujud Benda dan Cirinya). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I OK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II OK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III OK.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
BAB IV OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada tema benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya. Penelitian ini dilaksanakan dikelas V SDN Rancasawo 01 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan aktivitas di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, hal ini karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegaiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari penilaian aktivitas dan hasil tes belajar. Pada penilaian aktivitas nilai rata-rata siklus 1 yaitu 58,57, sedangkan siklus 2 mencapai 80% dan siklus 3 mencapai 90%. Hasil belajar pada siklus 1 nilai rata-rata yaitu sebesar 54,61%, pada siklus 2 mencapai 80,38% dan hasil belajar pada siklus 3 mencapai 91,79%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema benda-benda di lingkunga sekitar subtema wujud benda dan cirinya kelas V SDN Rancasawo 01. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan tema dan subtema yang lainnya. Kata kunci: Discovery Learning, Aktivitas, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:00
Last Modified: 17 Oct 2017 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30858

Actions (login required)

View Item View Item