RIZAL FAUZI HIDAYAT, 135060206 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYLEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Kekayaan Negeriku Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibaduyut 148 Kecamatan BojongloaKidul Kota Bandung Tahun Pelajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI-2.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 .pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (767kB) | Preview |
|
Text
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini, masalah yang terdapat dalam kelas peneliti yaitu hasil belajar siswa yang masih rendah, karena guru tidak menggunakan model pembelajaran dan guru jarang menggunakan alat peraga atau media pembelajaran sehingga hasilnya, siswa kurang tertarik untuk belajar. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model Discovery Learning yang bertujuan untuk melihat apakah percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia kelas IV meningkat bila digunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SDN Cibaduyut 148 kabupaten Bandung, dengan populasi kelas IV berjumlah 28 siswa. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 3 siklus yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan. Untuk perencanaan dan pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan rata-rata, yaitu pada siklus I rencana pelaksanaan pembelajaran 2,86 (baik), siklus II yaitu 3,13 (baik), dan siklus III menjadi 3,53 (sangat baik). Pelaksanaan pada siklus I yaitu 2,85 (baik), siklus II yaitu 3,01 (baik), dan siklus III menjadi 3,57 (sangat baik). Hasil sikap percaya diri siswa pada siklus I yaitu 38%, pada siklus II yaitu 57%, dan siklus III sebesar 83%. Hasil sikap peduli siswa pada siklus I yaitu 39%, pada siklus II yaitu 60%, dan siklus III sebesar 86%. Hasil sikap tanggung jawab siswa pada siklus I yaitu 39%, pada siklus II yaitu 63%, dan siklus III yaitu 90%. Hasil psikomotor siswa pada siklus I yaitu 50%, pada siklus II yaitu 70% dan pada siklus III yaitu 90%. Hasil kognitif siswa pada siklus v I 50%, siklus II yaitu 70% dan siklus III sebesar 87%. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning yang digunakan pendidik sudah berhasil. Terbukti dengan adanya peningkatan persentase dan rata-rata setiap siklusnya. Kata kunci : Discovery Learning, hasil belajar, sikap percaya diri, sikap peduli dan sikap tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 03:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 03:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30846 |
Actions (login required)
View Item |