RATIH RAHMAWATI, 135060252 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUBTEMA PERUBAHAN WUJUD BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 086 Cimincrang Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
01. COVER SKRIPSI fix.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
06. ABSTRAK BAHASA INDONESIA ratihrahmawati.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
07. ABSTRAK BAHASA INGGRIS ratihrahmawati.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
08. ABSTRAK BAHASA SUNDA ratihrahmawati.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB I fix ratihrahmawati.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB II fix ratihrahmawati.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
18. BAB III fix ratihrahmawati.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
19. BAB IV fix ratihrahmawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
20. BAB V fix ratihrahmawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
21. DAFTAR PUSTAKA fix ratihrahmawati.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 086 Cimincrang Bandung yang disebabkan dalam kesehariannya siswa hanya mendengarkan ketika guru menjelaskan materi, dan pembelajaran berpusat pada guru serta cara mengajar guru masih konvensional. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya dengan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada subtema Perubahan Wujud Benda. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas V dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 41,66%, siklus II sebesar 79%, dan siklus III sebesar 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan setiap siklusnya, dari siklus I sebesar 56,25, siklus II sebesar 75, dan siklus III sebesar 97,91. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Perubahan Wujud Benda. Kata Kunci : Hasil belajar, Model PBL
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 01:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 01:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30822 |
Actions (login required)
View Item |