FRIESCA ERVINA YUNITA, 135060321 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas V Pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 SDN Cibogo Bandung Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar siswa, yang diakibatkan pembelajaran kurang efektif, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi, pembelajaran hanya berjalan satu arah dengan menggunakan motode ceramah, yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran siswa yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 6 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning, yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulasi/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas, lembar observasi RPP dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian lingkungan. Hasil belajar dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 93,33%. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 11:22 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 11:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30804 |
Actions (login required)
View Item |