AMBAR NURUL FADILLA, 135060305 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Sahabat Lingkungan Kita Subtema Perubahan Lingkungan Dilaksanakan di Kelas V SDN Pameungpeuk 1 Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 Cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
7 Abstrak B.indo.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
8 Abstrak B.inggris.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
9 Abstrak B.sunda.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (999kB) | Preview |
|
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap teliti, kerjasama, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Sahabat Lingkungan Kita subtema Perubahan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pameungpeuk 1, sebanyak 27orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap teliti, kerjasama, dan tanggung jawab cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang atau sebesar 40% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang siswa atau sebesar 59%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 19 orang atau sebesar 70% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 8 orang siswa atau sebesar 29%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 100%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Sahabat Lingkungan Kita subtema Perubahan Lingkungan. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 11:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 11:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30801 |
Actions (login required)
View Item |