RISYFAN SEFTI FAUZI, 135020007 (2017) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG (Studi Kasus Siswa Kelas X IPS 4 Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
Text
01 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
04 ABSTRAK 1.pdf Download (130kB) |
|
Text
05 ABSTRAK 2.pdf Download (129kB) |
|
Text
06 ABSTRAK 3.pdf Download (190kB) |
|
Text
13 BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
14 BAB II.pdf Download (238kB) |
|
Text
15 BAB III.pdf Download (226kB) |
|
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audiovisual, minat belajar siswa serta pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 2 Bandung (studi kasus siswa kelas X IPS 4 di SMA Pasundan 2 Bandung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 di SMA Pasundan 2 Bandung yang berjumlah 46 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 21.0. Hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran audiovisual sebesar 4,08 (83%) sedangkan mengenai minat belajar sebesar 4,07 (83%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap media pembelajaran audiovisual dan minat belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran audiovisual yaitu dilihat dari perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,419. Hal ini menyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 41,9% terhadap variabel Y dan sisanya 58,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 41,9% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan keunggulan media audiovisual. Sebagai penutup penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni : (1) Bagi siswa, agar senantiasa meningkatkan kualitas belajarnya serta tidak tergantung pada materi yang disampaikan guru; (2) Bagi guru, jika mendapat siswa yang cenderung pasif sebaiknya menggunakan model pembelajaran menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran audiovisual berupa pemutaran video terkait materi pelajaran sehingga mampu mengajak siswa lebih berminat untuk belajar; (3) Bagi sekolah, kepala sekolah dapat menyarankan kepada guru untuk menggunakan media audiovisual demi mendorong pembelajaran ke arah saintifik dan model pembelajaran; (4) Bagi peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian serupa pada mata pelajaran berbeda serta kelas yang berbeda pula untuk peningkatan pemahaman pada konteks media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audiovisual dan Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 04:35 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 04:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30742 |
Actions (login required)
View Item |