Cucu Maria Solihat, 135060029 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa di Kelas IV A SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (835kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada siswa kelas IV A SDN 086 Cimincrang dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu menunjukan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kurang, proses pembelajaran yang kurang bermakna yang membuat siswa kesulitan dalam memahami materi, Pola pembelajaran yang masih tradisional, guru kurang kreatif dalam memilih model dan metode pembelajaran yang membuat pembelajaran menjadi monoton. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 69%, siklus II sebesar 84%, dan siklus III sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 63 (cukup), siklus II sebesar 75 (baik), dan siklus III sebesar 85 (sangat baik). Serta peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 66,6%, dan siklus II sebesar 80,9%, dan siklus III sebesar 92,8%. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata kunci : Problem Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 04:15 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 04:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30739 |
Actions (login required)
View Item |