PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGANDI ASIA GYM BANDUNG

Reza Ramadhan, 132040066 (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGANDI ASIA GYM BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Image
foto lembar pengesahan reza.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.docx

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)

Abstract

Asia Gym Bandung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang olahraga yang ada di Kota Bandung yang beralamat di jalan Tirtasari III No 3 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat permasalahan sehubungan dengan kualitas pelayanan, sebagai berikut: 1) Pelanggan tidak puas dengan produk atau jasa yang diberikan oleh tempat finess center Asia Gym, 2) Pelanggan selalu mengeluhkan waktu latihan yang terbuang lebih lama untuk melakukan latihan di Asia Gym. Permasalahan tersebut diduga karena: 1) Fasilitas yang kurang lengkap dan tidak disediakan di Asia Gym Bandung, 2) Pelatih atau instruktur fitness di Asia Gym tidak tanggap dalam hal mengamati member atau non member yang sedang latihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Dimana yang menjadi variabel X adalah Kualitas Pelayanan dan yang menjadi variabel Y adalah Kepuasan Pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur, penyebaran angket atau kuisioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji validitas instrumen, pengujian rentabilitas instrumen, pengujian hipotesis, koefisen korelasi X dan Y, pengujian regrensi linier sederhana, koefisien korelasi rank spearman, dan koefisien determinasi. Berdasarkan data yang diperolehdarihasilpenelitianmakakontribusiataupengaruhKualitasPelayananterhadapKepuasanPelangganadalahsebesar 77,26 % ataudapatdikatakan pula, bahwavarians yang terjadipadavariabelKepuasanPelanggan (Y) 77,26 % ditentukanolehvarians yang terjadipadavariabelKualitasPelayanan (X). Sisanya, sebesar 22,74 % ditentukanolehfaktor-faktor lain diluarpenelitian, sepertipromosihanyalewat member ataupelanggandanpembayaraniuranbulanan yang seringtidaktepatwaktu. Hambatan-hambatan yang dihadapioleh Asia Gym Bandung adalah 1) Keterbatasan Sumber Daya Manusia, yaitu pada bagianinstrukturataupelatih fitness yang tugasnyauntukmendapingidanmengawasi para member ataupelanggan yang sedanglatihanmelakukanaktivitasolahrga di tempat fitness Asia Gym, 2) Fasilitas penunjang seperti perlengkapan pendukung yang sifatnya adalah pelengkap bagi faslitas fitness yang sudah ada maupun item – item yang kurang dalam hal jumlah. Usaha-usaha yang dilakukanuntukmenanggulangihambatan-hambatantersebut: 1) Menambahkaryawanbaruuntukbagian instruktur atau pelatih fitness yang gunanya untuk memperhatikan lebih terhadap pelanggan yang sedang melakukan aktivitas olahraga di tempat fitness Asia Gym Bandung, 2) Menambahalatatauitem - item yang belum di sediakanoleh Asia Gym sehinggapenumpukanpelanggan yang biasaterjadidapatteratasi. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:21
Last Modified: 16 Oct 2017 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30729

Actions (login required)

View Item View Item