Zeptian Pratama, 135020020 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 4 DI SMK NEGERI 3 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan Dalam Pembelajaran Simpanan Giro). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 4 di SMK Negeri 3 Bandung (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan dalam Pembelajaran Simpanan Giro)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh penerapan media pembelajaran audio-visual video terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran sub tema simpanan giro dalam mata pelajaran dasar-dasar perbankan tahun ajaran 2016-2017 kelas X Akuntansi 4 di SMKN 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey crosssectional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi 4 di SMK Negeri 3 Bandung yang berjumlah 37 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS 24 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran audio-visual sebesar 3,95, sedangkan mengenai minat belajar siswa sebesar 3,96, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap media pembelajaran audio -visual dan minat belajar “Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh media pembelajaran audio-visual yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,466%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 46,6% terhadap variabel Y dan sisanya 53,4% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 46,6% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan keunggulan media audio-visual. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran audio-visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena cara ini dapat membuat siswa lebih berminat untuk belajar dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio-Visual dan Minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 02:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 02:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30675 |
Actions (login required)
View Item |