Harpan Nur, 135030004 (2017) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR KEBAHASAAN DAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG BERUPA BUKU PENGETAHUAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang menyampaikan informasi tentang sesuatu apa adanya sebagai hasil pengamatan dan analisis secara sistematis. Sehubungan dengan itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran menelaah struktur Kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penulis merumuskan masalah mengenai penelitian yang diajukan, yaitu: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah struktur kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung menelaah struktur kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara tepat?; 3) Efektifkah model Two Stay Two Stray digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? Metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Ada pun hasil penelitiannya adalah: a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah struktur kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model two stay two stray pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan pembelajaran sebesar 3,8 dan nilai untuk pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,9 dengan rata-rata akumulatif sebesar 3,85 nilai tersebut masuk dalam kategori sangat baik. b) Siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung mampu menelaah struktur kebahasaan dan isi teks laporan hasil yang berupa buku pengetahuan dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 12,1 dan nilai rata-rata postes yaitu 91,4 Jadi, ada peningkatan sebesar 79,3. c) Model Two Stay Two Stray efektif digunakan dalam proses pembelajaran teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel yakni 45,5 > 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menelaah struktur kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menelaah, struktur kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi, model Two Stay Two Stray.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 07:51 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30658 |
Actions (login required)
View Item |