DINI MULYANI, 135030071 (2017) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK FIX.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan tentang Kualitas Karya Novel dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) seberapa besar kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung dengan tepat?; 2) seberapa besar kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung?; 3) apakah terdapat perubahan yang signifikan antara kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung sebelum dan sesudah guru menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition? Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 34 siswa yang merupakan siswa kelas VIII-A SMP Nasional Bandung. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretes dan postes). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7. 2) siswa kelas VIII-A SMP Nasional Bandung mampu melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition. Hal ini terbukti dari hasil pretes dengan rata-rata 33,52 dan hasil postes dengan rata-rata 70,14. Perbedaan ini menunjukkan selisih 36,62 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 36,62. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,1 dengan kategori nilai baik (B). 3) model Cooperative Integrated Reading and Composition efektif digunakan dalam menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel yakni 18,58 > 2,034 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 33. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran menceritakan kembali, teks ulasan novel, Cooperative Integrated Reading and Composition.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30635 |
Actions (login required)
View Item |