PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DINI MULYANI, 135030071 (2017) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FIX.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan tentang Kualitas Karya Novel dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) seberapa besar kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung dengan tepat?; 2) seberapa besar kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung?; 3) apakah terdapat perubahan yang signifikan antara kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung sebelum dan sesudah guru menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition? Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 34 siswa yang merupakan siswa kelas VIII-A SMP Nasional Bandung. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretes dan postes). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7. 2) siswa kelas VIII-A SMP Nasional Bandung mampu melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition. Hal ini terbukti dari hasil pretes dengan rata-rata 33,52 dan hasil postes dengan rata-rata 70,14. Perbedaan ini menunjukkan selisih 36,62 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 36,62. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,1 dengan kategori nilai baik (B). 3) model Cooperative Integrated Reading and Composition efektif digunakan dalam menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel yakni 18,58 > 2,034 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 33. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya novel dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran menceritakan kembali, teks ulasan novel, Cooperative Integrated Reading and Composition.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:19
Last Modified: 13 Oct 2017 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30635

Actions (login required)

View Item View Item