Nia Krisniati, 135030092 (2017) Pembelajaran Menganalisis Unsur Intrinsik Pada Teks Cerpen dengan Menggunakan Model Jigsaw pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Rancaekek Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Pembelajaran Menganalisis Unsur Intrinsik Pada Teks Cerpen dengan Menggunakan Model Jigsaw Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Rancaekek Tahun Pelajaran 2017-2018”. Rumuan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw pada siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek? 2) apakah siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek mampu menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen secara tepat? 3) apakah model pembelajaran jigsaw efektif dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretestpostest. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7. 2) siswa kelas XI MIA 5 SMAN 1 Rancaekek mampu menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw. Hal ini dapat terbukti dari hasil pretes dengan rata-rata 18,7 dan hasil postes dengan rata-rata 57,1. Perbedaan ini menunjukkan selisih 38,4 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 38,4. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,5. 3) model jigsaw efektif digunakan dalam menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel yakni 38,4> 2,042 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 33. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw pada siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran menganalisis, unsur intrinsik, teks cerpen, jigsaw.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 03:15 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 03:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30626 |
Actions (login required)
View Item |