PEMBELAJARAN MENYUSUN DRAMA SATU BABAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 PADASUKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

EKA HERISKA, 135030039 (2017) PEMBELAJARAN MENYUSUN DRAMA SATU BABAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 PADASUKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Sampul Skripsi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Drama adalah jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog yang melukiskan sifat dan sikap manusia dan diekspresikan secara langsung melalui seni pertunjukkan. Model Think-Talk-Write (TTW) merupakan model pembelajar-an yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis bahasa tersebut dengan lancar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Menyusun Drama Satu Babak dengan Menggunakan Model Think-Talk-Write (TTW) pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Padasuka Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menyusun drama satu babak dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Padasuka Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata 3,8; (2) ada perbedaan signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam mengikuti pembelajaran menyusun drama satu babak dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW). Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen 28, dan nilai rata-rata pascatesnya yaitu 52,4. Peningkatannya sebesar 76%. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pratesnya yaitu 35,3, dan nilai rata-rata pascatesnya yaitu 50,6. Peningkatannya 49%; (3) model Think-Talk-Write (TTW) efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun drama satu babak kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Padasuka Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan nilai p-valued untuk 2-tailed = 0,649. Ha: μ1>μ2, maka nilai p-value (2-tailed) harus dibagi dua”, sehingga menjadi 0,649 2 = 0,3245. Karena p-value = 0,3245>α = 0,05 maka H0 : μ1≤μ2 ditolak dan Ha : μ1>μ2 diterima. Kata Kunci: Drama, Karya Sastra, Menyusun, dan Model Think-Talk-Write.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:38
Last Modified: 12 Oct 2017 04:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item