PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA SUB TEMA KOPERASI MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS 2 di SMAN 26 BANDUNG

ASTRI CAHYANING AYU, 135020071 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA SUB TEMA KOPERASI MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS 2 di SMAN 26 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Pembelajaran Internet Terhadap Pemahaman Materi Pada Sub Tema Koperasi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 di SMAN 26 Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran internet dan pemahaman materi pada sub bab koperasi kelas X IIS 2 di SMAN 26 Bandung. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penerapan media pembelajaran internet terhadap pemahaman materi pada sub bab koperasi mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 di SMAN 26 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat ekplanasi asosiatif kausal. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi dengan tehnik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran internet terhadap pemahaman materi pada sub bab koperasi mata pelajaran ekonomi. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21.0. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana, analisis tersebut menunjukan bahwa dengan hasil setiap kenaikan pada media pembelajaran internet sebesar 12,772 maka pemahaman materi sebesar 0,544. Hasil olah data memperlihatkan terdapat pengaruh media pembelajaran internet 65,3% dan 34,7% ditentukan oleh faktor lain. Hasil pembahasan memperlihatkan faktor utama yang berpengaruh yang mempengaruhi variabel Y berasal dari indikator variabel X. Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian diatas hipotesis penelitian dapat teruji. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada guru bidang studi ekonomi, sebaiknya menerapkan media pembelajaran interenet sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran koperasi untuk meningkatkan pemahaman materi siswa dan penguasaan konsep dan kepada sekolah, hendaknya mendukung guru dan memfasilitasi siswa dalam menggunakan media pembelajaran internet agar pemahaman materi siswa meningkat dan termotivasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Kata Kunci: Media Pembelajaran Internet, Pemahaman Materi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2017 04:53
Last Modified: 11 Oct 2017 04:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30536

Actions (login required)

View Item View Item