PERANAN KARANG TARUNA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM PARA PEMUDA DI DESA SUKAGALIH KECAMATAN TELUK JAMBE TIMUR KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT

ASEP NUGRAHA, 135010072 (2017) PERANAN KARANG TARUNA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM PARA PEMUDA DI DESA SUKAGALIH KECAMATAN TELUK JAMBE TIMUR KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Internet.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Peranan, Karang Taruna, Kesadaran Hukum, Pemuda. Terbentuknya kepribadian yang partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat sudah menjadi suatu keharusan khususnya dikalangan pemuda belakangan ini. Rasa acuk tak acuh salah satunya yang belakangan ini terjadi di kalangan pemuda merupakan hal negatif yang dapat membentuk budaya individualisme di masyarakat. Perubahan sosial masyarakat berpotensi meningkatkan permasalahan sosial saat ini yang dapat merusak tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Harapan terhadap pemuda dalam pembangunan bangsa ini memang cukup besar karena pemuda merupakan tonggak pembangunan. Namun pada kenyataannya masih banyak pemuda yang kurang menyadari peran dan tanggung jawabnya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Para pemuda harus didorong agar mampu mengembangkan diri menjadi sumber daya manusia yang unggul sehingga menjalankan tugasnya bagi kemajuan bangsa. Para pemuda wajib menyadari sejumlah permasalahan mendasar yang dihadapi oleh bangsa dan negara. Salah satu organisasi pemuda yang ada ialah Karang Taruna. Peneliti mengambil judul “Peranan Karang Taruna dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Para Pemuda di Desa Sukagalih Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang Jawa Barat”. Dengan rumusan masalah “Bagaimana bentuk kegiatan Karang Taruna dalam meningkatkan kesadaran hukum para generasi muda, Bagaimana strategi Karang Taruna dalam meningkatkan kesadaran hukum para generasi muda, Kendala apa saja yang dihadapi Karang Taruna dalam meningkatkan kesadaran hukum generasi muda, dan Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang menjadi penghambat dalam meningkatkan kesadaran hukum generasi muda”. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mengetahui sesuatu hal secara mendalam. Penelitian deskriptif berkaitan dengan pengumpulan fakta dan data secara valid untuk memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti. Kesimpulan hasil penelitian yaitu: Peranan Karang Taruna Desa Sukagalih Kecamatan Teluk Jambe Timur dalam mengembangkan kesadaran hukum pemuda dilaksanakan dengan mengembangkan nilai - nilai kesadaran hukum melalui berbagai materi kegiatan yang dilaksananakan secara rutin oleh Karang Taruna Desa Sukagalih seperti dalam kegiatan keagamaan, kegiatan kebersihan dan peduli lingkungan, kegiatan pengabdian pada masyarakat dan pelayanan sosial, serta kegiatan kesenian dan budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 10 Oct 2017 09:25
Last Modified: 10 Oct 2017 09:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30521

Actions (login required)

View Item View Item