PERAN ORGANISASI MASYARAKAT TERHADAP SIKAP NASIONALISME DI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG (Studi Deskriptif Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila)

RIVALDI NOOR, 135010051 (2017) PERAN ORGANISASI MASYARAKAT TERHADAP SIKAP NASIONALISME DI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG (Studi Deskriptif Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Peran, Organisasi Masyarakat, Sikap dan Nasionalisme Peran merupakan tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh seseorang yang menempati suatu posisi di dalam status sosial, syarat - syarat peran mencangkup 3 (tiga) hal, yaitu : a) Peran meliputi norma - norma yang dihubungkan dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat. Peranan dalam arti ini merupakan rangkaian peraturan - peraturan yang membimbing seseorang dalam kehidupan kemasyarakatan b) Peran adalah suatu konsep perilaku apa yang dapat dilaksanakan oleh individu - individu dalam masyarakat sebagai organisasi. Peran juga dapat dikatakan sebagai perilaku individu, yang penting bagi struktur sosial masyarakat c)Peran adalah suatu rangkaian yang teratur yang ditimbulkan karena suatu jabatan. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kecenderungan untuk hidup berkelompok. Dalam kehidupan bermasyarakat itu muncul apa yang dinamakan peran.Peran Organisasi Masyarakat tentunya sangat penting di dalam sebuah lingkungan karena peran Ormas sangat dibutuhkan dan berperan penting khususnya peran terhadap sikap Nasionalisme di kalangan Organisasi Pemuda Pancasila. Hal ini tentu untuk melihat bagimana sikap Nasionalisme setiap anggota Organisasi Masyarakat terhadap sikap Nasionalisme. Peneliti mengambil judul “ Peran Organisasi Masyarakat Terhadap Sikap Nasionalisme di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung (Studi Deskriptif Pemuda Pancasila)”. Dengan Rumusan Masalah yang diteliti yaitu “Bagaimana Peran Organisasi Masyarakat Terhadap Sikap Nasionalisme di Kecamatan Ciparay Kabupaten bandung”. Penulis menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif bertujuan untuk mengetahui tentang sesuatu secara mendalam. Penelitian Deskriptif berkaitan dengan pengumpulan fakta dan data secara valid untuk memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti. Kesimpulan hasil penelitian yaitu : (1) Tingkat Nasionalisme di kalangan Ormas Pemuda Pancasila mempunyai sikap yang patut di contoh oleh masyarakat yang kurang paham tentang Nasionalisme (2) Peran Ormas sangat diperlukan di sebuah lingkungan untuk menjaga kesatuan dan pembagunan di daerah (3) Di setiap anggota paham Nasionalisme (4) Upaya meningkatkan sikap Nasionalisme terhadap anggota Pemuda Pancasila dalam menjaga keutuhan NKRI (5) Peran Organisasi Masyarakat terhadap kemajuan di Daerah Kecamatan Ciparay dalam sikap Nasionalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:55
Last Modified: 09 Oct 2017 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item View Item