PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KESOPANAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas XI SMA Kemala Bhayangkari Bandung).

DIRIAIKA KARTIKA, 135010056 (2017) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KESOPANAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas XI SMA Kemala Bhayangkari Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT IKA.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN IKA.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sikap kesopanan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru PKn dalam meningkatkan kesopanan peserta didik di SMA Kemala Bhayangkari. Dan secara khusus mengetahui peraturan apa saja yang harus ditaati siswa, tingkat kesadaran siswa, upaya guru PKn dalam meningkatkan kesopanan siswa, hambatan yang dihadapi guru PKn dalam menyikapi kesopanan terhadap siswa dan upaya guru PKn dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut sehingga siswa dapat mengetahui kesopanan yang ada dilingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penulis merupakan instrumen utama untuk mendapatkan data secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PKn, 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapat bahwa peran Guru PKn itu sangat penting dan Guru PKn selalu memberikan contoh berperilaku sopan kepada semua siswa ataupun kepada orang yang lebih tua. Pemberian hukuman yang mendidik bagi siswa yang melanggar merupakan solusi yang bijak dalam mengajarkan kesopanan kepada siswa di sekolah. Adapun hasil dari kesimpulan ini adalah, bahwa untuk meningkatkan kualitas kesopanan siswa di SMA Kemala Bhayangkari, guru PKn harus menjadi orang yang dapat memberikan keteladanan, motivasi, bimbingan, dan reward kepada siswa yang baik sehingga siswa termotivasi untuk bersikap sopan. Saran bagi sekolah dan guru PKn adalah selalu bekerja sama dan selalu membina, mengawasi siswa untuk meningkatkan kesopanan siswa dan saran untuk siswa sendiri adalah hendaknya siswa lebih mengetahui akan makna kesopanan dan siswa lebih membiasakan sikap yang sopan terhadap siapa saja Kata Kunci : Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Meningkatkan Kesopanan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2017 07:56
Last Modified: 03 Oct 2017 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30178

Actions (login required)

View Item View Item