IMA FAUZIAH, 135060078 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Tema Keragaman Suku Bansa dan Agama Di Negeriku Kelas IV SDN Bhinangkit Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
abstrakk.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text
BAB IV fiks.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bhinangkit pada subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini didasari dari kurangnya keaktifan siswa di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem sisklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakna untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi penilaian pelaksanaan pembelajaran, lembar sikap, lembar keterampilan, lembar wawancara dan lembar evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan presentase aktivitas belajar pada siklus 1 dengan presentase 35,0% dan meningkat menjadi 93,1% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan presentase 31,03% meningkat menjadi 93,1% pada siklus II. Sedangkan keterampilan belajar siswa pada siklus I dengan presentase 38,0% meningkat menjadi 93,1% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 07:35 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 07:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30109 |
Actions (login required)
View Item |