PEMBELAJARAN MERANCANG PROPOSAL KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE DI KELAS XI SMA UNGGULAN AR-RAHMAN SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FADHILA DWI TAMI, 135030033 (2017) PEMBELAJARAN MERANCANG PROPOSAL KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE DI KELAS XI SMA UNGGULAN AR-RAHMAN SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis sebenarnya sudah diajarkan sejak dini, namun peserta didik masih saja mengalami kesulitan, apalagi dalam hal menuangkan ide. Hal tersebut saya ketahui setelah melakukan wawancara di kelas X PN3 SMK ICB Cinta Wisata Bandung ketika melakukan Praktik Pengalaman Lapangan atau yang biasa disebut PPL. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model take and give. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah Penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan menggunakan model take and give di kelas XI SMA Unggulan Ar-Rahman Sukabumi? 2) Mampukah Peserta didik kelas XI SMA Unggulan Ar-Rahman Sukabumi mengikuti pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan tepat? 3) Efektifkah model take and give digunakan dalam pembelajaran merancang proposal karya ilmiah? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan menggunakan model take and give di kelas XI SMA Unggulan Ar-Rahman Sukabumi. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan sebesar 3,9 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali (A). Peserta didik kelas XI SMA Unggulan Ar-Rahman Sukabumi mampu merancang proposal karya ilmiah. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pretes sebesar 22,78 dan nilai rata-rata postes sebesar 89,39, peningkatannya sebesar 66,61. Model take and give efektif digunakan dalam pembelajaran merancang proposal karya ilmiah. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasilt_hitung sebesar 144,49, t_tabel sebesar 21,45 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 22. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan menggunakan model take and give. Kata kunci: Pembelajaran, merancang, proposal karya ilmiah, take and give.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:07
Last Modified: 29 Sep 2017 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30106

Actions (login required)

View Item View Item