Elsa Nur Annisa, 135030083 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI BUTIR-BUTIR PENTING DARI SATU BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI) YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE DI KELAS XI SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
Text
COVER.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB I.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB II.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB III fix.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dan untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas XI SMK Nasional Bandung tahun pelajaran 2016/2017 dalam mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. Permasalahan yang penulis ajukan diantaranya (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca menggunakan model take and give pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung dengan tepat? (2) Mampukah peserta didik kelas XI SMK Nasional Bandung mengikuti pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca menggunakan model take and give dengan tepat? (3) Efektifkah model take and give diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung dengan tepat? Metode dan tujuan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) denga teknik telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan menggunakan model take and give di kelas XI SMK Nasional Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian perencanaan dan pelasakanaan pembelajaran penulis memperoleh nilai rata-rata 3,8 dengan kategori sangat baik. 2. Peserta didik kelas XI SMK Nasional Bandung mampu mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan menggunakan model take and give dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan nilai rata-rata pretes sebesar 41,34 dengan kategori kurang dengan kriteria D dan nilai rata-rata postes sebesar 84,73 termasuk kategori sangat baik dengan kriteria A, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu 43.38 dengan presentase peningkatan 16.68%. 3. Model take and give efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yakni 29,71 > 24,37 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes pada pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. Berdasarkan data penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku (nonfiksi) yang dibaca di kelas XI SMK Nasional Bandung, dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata kunci: Mengidentifikasi, Buku Pengayaan (Nonfiksi), Model Take and Give
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 08:18 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 08:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29992 |
Actions (login required)
View Item |