PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ayi Nursyifa, 135030094 (2017) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
103020_COVER_2.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK fik pisan.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (fix).pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis merupakan kegiatan keterampilan berbahasa untuk mengungkapkan pikiran dan gagasan melalui tulisan. Seseorang dapat menyampaikan suatu informasi kepada pembaca dalam suatu tulisan. Maka, dapat dikatakan bahwa menulis merupakan proses berkomunikasi secara tidak langsung karena tulisan sebagai medianya. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Dalam kegiatan menulis ini, penulis haruslah terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosa kata. Sehubungan dengan itu penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan film dengan menggunakan metode cooperative script. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan film pada siswa kelas di kelas VIII B SMP Negeri 37 bandung Tahun 2016/2017dengan tepat? 2) Mampukah peserta didik kelas VIII B SMP negeri 37 Bandung melaksanakan kegiatan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan teks ulasan film yang berjudul “Sang pemimpi” film dengan tepat? 3) Efektifkah metode cooperative script diterapkan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan film terhadap peserta didik di kelas VIII B SMP Negeri 37 Bandung dengan tepat? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan teks. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan film dengan mengguakan metode cooperative script. hal ini terbukti dari nilai perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran penulis yaitu 3,78. Siswa mampu menceritakan kembali isi teks ulasan film dengan menggunakan metode cooperative script hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 49,5 dan rata-rata postes yaitu 72,2 terdapat peningkatan sebesar 2,06. metode cooperative script tepat digunakan untuk pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan film pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 37 Bandung. Hal ini dapat diliahat berdasarkan hasil uji statistik t hitung > t table yaitu 0,68 >2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 25.Berdasarkan data dan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulakan bhwa ketiga hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata kunci: pembelajaran, teks ulasan, metode cooperative script

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:13
Last Modified: 25 Sep 2017 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29917

Actions (login required)

View Item View Item