IMMA ROS HALIMAH, 135040039 (2017) HUBUNGAN INTRINSIC COGNITIVE LOAD DAN EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD SISWA SMA PASUNDAN PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. JILID SKRIPSI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Intrinsic Cognitive Load dan Extraneous Cognitive Load siswa SMA pada pembelajaran sistem ekskresi. Penelitian dilaksanakan di SMA PASUNDAN 3 Kota Cimahi. Subjek penelitian yaitu 25 siswa kelas XI MIPA. ICL diukur berdasarkan skor kemampuan menerima dan mengolah informasi (MMI) dengan menggunakan instrumen task complexity worksheet, sedangkan ECL diukur berdasarkan usaha mental (UM) selama proses pembelajaran dengan menggunakan angket subjective rating scale. Hasil analisis data menunjukkan bahwa MMI yang menggambarkan ICL berada pada kategori baik dengan perolehan skor tinggi, yang menandakan ICL siswa rendah. UM siswa yang menggambarkan ECL pada umumnya rendah. ICL dan ECL memiliki hubungan berbanding terbalik dengan besarnya kontribusi MMI terhadap penurunan UM sebesar 38,2%. Kata Kunci : Intrinsic Cognitive Load, Extraneous Cognitive Load, Materi sistem Ekskresi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 03:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2017 03:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29913 |
Actions (login required)
View Item |