HUBUNGAN INTRINSIC COGNITIVE LOAD DAN EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD SISWA SMA PASUNDAN PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI

IMMA ROS HALIMAH, 135040039 (2017) HUBUNGAN INTRINSIC COGNITIVE LOAD DAN EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD SISWA SMA PASUNDAN PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. JILID SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Intrinsic Cognitive Load dan Extraneous Cognitive Load siswa SMA pada pembelajaran sistem ekskresi. Penelitian dilaksanakan di SMA PASUNDAN 3 Kota Cimahi. Subjek penelitian yaitu 25 siswa kelas XI MIPA. ICL diukur berdasarkan skor kemampuan menerima dan mengolah informasi (MMI) dengan menggunakan instrumen task complexity worksheet, sedangkan ECL diukur berdasarkan usaha mental (UM) selama proses pembelajaran dengan menggunakan angket subjective rating scale. Hasil analisis data menunjukkan bahwa MMI yang menggambarkan ICL berada pada kategori baik dengan perolehan skor tinggi, yang menandakan ICL siswa rendah. UM siswa yang menggambarkan ECL pada umumnya rendah. ICL dan ECL memiliki hubungan berbanding terbalik dengan besarnya kontribusi MMI terhadap penurunan UM sebesar 38,2%. Kata Kunci : Intrinsic Cognitive Load, Extraneous Cognitive Load, Materi sistem Ekskresi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:06
Last Modified: 25 Sep 2017 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item View Item