PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 18 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Jasa Keuangan di Kelas X MIPA 1)

Anita Nurqonita, 135020050 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 18 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Jasa Keuangan di Kelas X MIPA 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_ABSTRAK (INDONESIA).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_ABSTRAK (INGGRIS).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_ABSTRAK (SUNDA).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15_BAB II.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16_BAB III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
17_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
18_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
19_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 18 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Mengenai Lembaga Jasa Keuangan di Kelas X MIPA 1) Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 18 Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung, tahun ajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 56 orang siswa, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan X IIS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pre-test dan post-test, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu kemampuan berpikir kritis (Y) siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan siswa kelas kontrol dimana hasil post-test kelas ekperimen yaitu 80,38 sedangkan hasil belajar post-test kelas kontrol yaitu 69,47. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan Pengujian hipotesis (Uji-t) post-test dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau p-value sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (X) pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) sebesar 41% pada siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 18 Bandung. Sebagai penutup penulis menyampaikan saran kepada pihak-pihak terkait, yakni : (1) Bagi guru, hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle sehingga kemampuan berpikir kritis siswa meningkat; (2) Bagi sekolah, mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dan menerapkan model yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; (3) Bagi kepala sekolah, memberikan pengarahan kepada guru untuk lebih mengembangkan pembelajaran kooperatif khususnya tipe inside-outside circle; (4) Bagi siswa, lebih mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga pola pikir siswa lebih luas; (5) Bagi peneliti selanjutnya, agar mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 07:54
Last Modified: 23 Sep 2017 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29905

Actions (login required)

View Item View Item