PEMBELAJARAN MERANCANG SEBUAH PROPOSAL KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE DI KELAS XI SMAN 1 JAMPANGKULON TAHUN PELAJARAN 2016/2017

YANNE DWI INDRIANI, 135030056 (2017) PEMBELAJARAN MERANCANG SEBUAH PROPOSAL KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE DI KELAS XI SMAN 1 JAMPANGKULON TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACTT.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Merancang merupakan kegiatan untuk mengatur segala sesuatu dalam bentuk rencana kerja. Semua peserta didik pasti memiliki potensi menulis yakni merancang sebuah proposal karya ilmiah. Berkaitan dengan penjelasan diatas, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan menggunakan metode thin-talk-write di kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan menggunakan metode think-talk-write di kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon?; (2) Mampukah peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon mengikuti pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan tepat dan benar?; dan (3) Efektifkah Metode Think-Talk-Write (TTW) diterapkan dalam pembelajaran merancang proposal karya ilmiah di kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penelitian mampu melaksanakan pembelajaran merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan menggunakan metode Think-Talk-Write (TTW) di kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon; (2) Peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon mampu merancang sebuah proposal dengan menggunakan metode Think-Talk-Write (TTW) secara tepat; dan (3) Metode Think-Talk-Write (TTW) efektif digunakan dalam pembelajran merancang sebuah proposal pada peserta didik XI SMAN Negeri 1 Jampangkulon. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran merancag sebuah proposal karya ilmiah dengan menggunakan metode think-talk-write di kelas kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 3,7 dan pelaksanaan sebesar 3,76; (2) Peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon mampu merancang sebuah proposal karya ilmiah. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes yaitu sebesar 28,81 dan nilai rata-rata postes sebesar 90,04. Jadi, adanya peningkatan 30%; (3) Metode think-talk-write efektif digunakan dalam pembelajaran merancang sebuah proposal karya ilmiah, hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 25,68 > 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan menggunakan metode think-talk-write. Kata kunci: Merancang, Metode Think-Talk-Write, Proposal Karya Ilmiah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 07:26
Last Modified: 23 Sep 2017 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item