AGNIA SABIETAH, 135030075 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI SMAN 1 CIPARAY TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Teks drama adalah karangan yang berisi ungkapan perasaan, ide atau gagasan dalam bentuk tulisan yang berupa dialog atau percakapan dengan menceritakan kejadian atau peristiwa yang terjadi. Metode Discovery Learning adalah proses pembelajaran yang menitik beratkan pada mental intelektual para peserta didik dalam mencari tahu sendiri sebuah informasi dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning di kelas XI SMAN 1 Ciparay?; (2) mampukah peserta didik melaksanakan pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan tepat sesuai dengan unsur yang ada di dalamnya?; (3) Efektifkah metode discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan keefektifan metode discovery learning dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama pasa siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one grup pretest-posttest design adapun hasilnya; (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay; (2) siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay mampu menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan rinci sesuai dengan struktur dan kebahasaannya.; (3) metode discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dapat diterima. Kata Kunci: pembelajaran, teks drama, metode discovery learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 03:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 03:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29877 |
Actions (login required)
View Item |