PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN MINDI (Melia azedarach L) TERHADAP TINGKAT KEMATIAN KECOA ( Periplaneta americana)

BALQIS RIPATUL HANUM, 135040061 (2017) PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN MINDI (Melia azedarach L) TERHADAP TINGKAT KEMATIAN KECOA ( Periplaneta americana). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER BALQIS.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (225kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Balqis rifatul hanum. 2017. Pengaruh Berbagai Konsentrasi Ekstrak Daun Mindi (Melia azedarach L) Terhadap Tingkat Kematian Kecoa (Periplaneta americana) Dibimbing oleh Drs.Yusuf Ibrahim, M.Pd., M.P. sebagai pembimbing 1 dan Gurnita, S.Si., M.P. sebagai pembimbing 2. Penelitian ini dilakukan atas latar belakang masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dikarenakan Indonesia merupakan negara tropik yang mempunyai suhu dan kelembaban yang berpengaruh bagi penularan parasit, salah satu vektor dalam penularan penyakit yakni kecoa Periplaneta americana. Dengan datangnya kecoa yang menginvasi rumah-rumah maka akan menyebabkan masalah bagi kesehatan maupun kebersihan. Untuk itu dilakukan suatu solusi dengan cara memanfaatkan ekstrak daun mindi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi pengaruh ekstrak daun mindi (Melia azedarach L) terhadap mortalitas kecoa Periplaneta americana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hewan uji kecoa Periplaneta americana stadium dewasa sebanyak 240 ekor dibagi kedalam 6 kelompok perlakuan dengan 4 kali pengulangan. perlakuan terdiri dari kontrol (0%), ekstrak daun mindi dengan konsentrasi 10%, 20%, 40%, 60%, 80%. Parameter utama yang diukur ya itu tingkat kematian kecoa periplaneta americana. Data penelitian dianalisis dengan Kruskal Wallis pada spss 16 for windows. Data hasil penelitian menunjukan bahawa konsentrasi ekstrak daun mindi minimal yang dapat diaplikasikan adalah konsentrasi 60% berpengaruh terhadap tingkat kematian kecoa sebesar 57.5% dan konsentrasi ekstrak daun mindi maksimal yang dapat digunakan adalah konsentrasi 80% dengan tingkat kematian kecoa sebesar 85%. Dari hasil penelitian ini juga didapatkan semakin besar konsentrasi yang digunakan maka tingkat kematian kecoa akan semakin tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun mindi (Melia azedarach L) berpengaruh terhadap mortalitas kecoa. karena diidentifikasi mengandung senyawa alkaloid, tanin, saponin, fenolik, triter penoid dan flavonoid yang memilki sifat sebagai antifeedant pada serangga. Kata kunci : Ektrak Daun Mindi (Melia azedarach L), Kecoa (Periplaneta amricana),

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:59
Last Modified: 19 Sep 2017 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item View Item