Indra Radiansyah, 135060167 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERUBAHAN RUPA BUMI (Penelitian Tindakan kelas di kelas III semester II SD YKPPK Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada Subtema Perubahan Rupa Bumi. Penelitian ini dilaksanakan di SD YKPPK Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan motivasi belajar dan rendahnya hasil belajar siswa yang kurang dari KKM didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa naan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa, Mengorganisasikan siswa untuk meneliti, Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Hal tersebut dapat di lihat dari nilai rata-rata peningkatan Motivasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus 1 2,53 dengan katagori baik siklus 2 2,86 denan katagori baik dan siklus 3 3,00 dengan katagori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkataan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada Subtema Perubahan Rupa Bumi. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 01:44 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 01:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29765 |
Actions (login required)
View Item |