YUNUS YOHANA KASIH, 113010051 and Asep Toto Kartaman, DS and Rizki Wahyuniardi, Ds USULAN PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN CV. YUKAS FAMILY DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS. Skripsi(S1) thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
BAB I TA.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Perencanaan strategi adalah proses manajerial untuk mengembangkan dan menjaga agar sasaran, keahlian dan sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah. Serta tujuannya adalah untuk membentuk dan menyempurnakan bisnis serta produk perusahaan supaya memenuhi sasaran keuntungan dan pertumbuhan ( kotler,1995;71). Perusahaan Yukas Family ini merupakan perusahaan jasa yang bergerak dibidang kontraktor dan supplier kontruksi atap, produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah produk baja ringan. Baja ringan merupakan bahan bangunan kontruksi atap yang menggantikan kayu, dengan seringanya terjadi pembangunan – pembangunan untuk proyek pemerintahan atau pemilik pribadi, ini menjadi peluang besar bagi perusahaan Yukas Family untuk merebut pasar lebih besar lagi, namun nyatanya selama tiga terakhir perusahaan omset penjualan. Selain itu munculnya pesaing – pesaing baru dan pesaing lama yang semakin berkembang tentunya perusahaan harus berantisipasi terhadap lingkungan persaingan tersebut dengan merencanakan strategi – strategi yang tepat serta pengambilan keputusan dalam memprioritaskan strategi yang dibutuhkan perusahaan. Berangkat dari hal tersebut, dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang terdapat dalam perusahaan, untuk merumuskan bentuk strategi persaingan perusahaan yang memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan, serta mengetahui prioritas strategi sebagai kebijakan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan yang lebih ketat. Penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap pertama melakukan analisis lingkungan internal (SAP) berupa kekuatan dan kelemahan, analisis lingkungan eksternal (ETOP) berupa peluang dan ancaman, dalam merumuskan alternatif strategi digunakan Matrik SWOT (Strength , Opportunities, Weakness, Threats ) dengan memperoleh empat Strategi yaitu SO (Strength , Opportunities), ST (Strength , Threat),( Weakness, Opportunitie) dan (Weakness , Threats). Tahap kedua yaitu untuk menentukan prioritas strategi digunakan metode AHP yang akan dilakukan oleh. Dari hasil perhitungan menggunakan metode AHP, maka didapatkan suatu strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan : a. SO2 : Mengikuti tender proyek pemerintahan untuk meningkatkan perluasan pasar. b. WO4 : Melakukan penambahan modal dengan melakukan peminjaman uang terhadap bank atau mencari investor. c. ST1 : Melakukan kerja sama dengan Kontraktor besar sebagai Sub – Kontrak dengan tujuan agar menjadi konsumen yang kontinyu d. SO1 : Mempertahankan kualitas pengerjaan dengan memberikan pelayanan terbaik pada konsume n yang sudah ada. Setelah mendapatkan hasil strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan, maka selanjutnya adalah mengimplementasikan strategi terhadap perusahaan, adalah sebgai berikut Melakukan penetrasi pasar dan pengembangan pasar yaitu dengan mengikuti tender proyek pemerintahan dan melakukan kerja sama dengan kontraktor – kontraktor besar sebagai sub – kontrak.,Melakukan Penguatan Keuangan Perusahaan dengan penambahan yang bekerja sama dengan pihak bak atau investor. melakukan Penguatan SDM dengan selalu memberikan pelayanan terbaik pada konsumen yang sudah ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 07:47 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 07:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2942 |
Actions (login required)
View Item |