SAEFULLOH, 135030008 (2017) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA PUISI DALAM BENTUK TEKS ULASAN SECARA TULIS MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CYCLE LEARNING PADA SISWA SMP NASIONAL BANDUNG KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. proposal skripsi epul akhir (cover).pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
6.abstrak.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya puisi dalam bentuk teks ulasan secara tulis adalah salah satu pembelajaran yang mempermudah siswa dalam proses pengembangan kreativitas dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, dan ide pokok. Model Cycle Learning adalah model untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Sehubungan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya puisi dalam bentuk teks ulasan secara tulis memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan dengan menggunakan model cycle learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajarannya? (2) Mampukah siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung, megikuti pembelajaran dengan baik? (3) Efektifkah model cycle learning digunakan dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh penulis? Tujuan Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dirumuskan penulis. Tujuannya yaitu untuk mencapai keberhasilan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang dilakukan; mengetahui kemampuan siswa kelas VIII dalam pembelajaran; efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran tersebut. Terbukti dengan hasil penilaian perencanaan pembelajaran 3,9, dan pelaksanaan pembelajaran 3,9 dengan kategori baik sekali. Siswa kelas VIII-D SMP Nasional Bandung, mampu mengikuti pembelajaran tersebut dengan baik. Terbukti nilai rata-rata pretes yaitu 52,86, dan nilai rata-rata postes 85,90. Peningkatannya sebesar yaitu 39,83. Model pembelajaran Cycle Learning efektif digunakan dalam pembelajaran tersebut. Terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t_hitung sebesar 5,72, ≥ hasil t_tabel 5,4, pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 27. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya puisi dalam bentuk teks ulasan secara tulis memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan dengan menggunakan model cycle learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Bandung, berhasil dilaksanakan. Kata Kunci: Pembelajaran, menyajikan tanggapan, puisi, teks ulasan, Cycle Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 02:48 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29288 |
Actions (login required)
View Item |