SITI NURJANAH ROHMAH, 135030048 (2017) PEMBELAJARAN MENYAMPAIKAN PENAWARAN DAN PERSETUJUAN DALAM TEKS NEGOSIASI SECARA LISAN DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 CILILIN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Menyampaikan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan berbicara. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik menganai proses menyampaikan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan. Permasalahan saat ini ditandai oleh peserta didik yang sulit dalam menyampaikan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan. Kurangnya berpikir kreatif untuk menetapkan kesepakatan antara dua pihak atau lebih dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menyampaikan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan dengan model Creative Problem Solving pada peserta didik kelas X SMAN 1 Cililin. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 3,5 dan pelaksanaan sebesar 3,44; (2) Peserta didik kelas X SMAN 1 Cililin mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menyampaikan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata -rata pretest yaitu sebesar 41,8 dan nilai rata-rata posttest sebesar 67,2. Jadi, adanya peningkatan 25,4; (3) Model Creative Problem Solving efektif diterapkan dalam pembelajaran menyampaikan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan terhadap peserta didik kelas X SMAN 1 Cililin. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 14,68 > 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 35. Berdasarkan fakta tersebut, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata kunci: menyampaikan, model creative problem solving, teks negosiasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 07:27 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29199 |
Actions (login required)
View Item |