PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV SD Negeri 01 Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat)

Ailin Siti Nurainiyah, 135060221 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV SD Negeri 01 Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik di kelas IV SDN 01 Cililin yang tidak aktif dan kritis didalam pembelajaran dikarenakan pendidik sering menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi misalnya ceramah konvensional yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model Problem Based Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran Tematik pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Cililin. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sikap tanggung jawab 66,08% kategori kurang, siklus II 69,56% kategori kurang, dan siklus III 81,21% kategori baik. Sedangkan pada hasil belajar peserta didik yaitu siklus I 34,78% kategori kurang, siklus II 52,17% kategori kurang, sedangkan siklus III 86,95% kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik pada Tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2017 07:02
Last Modified: 12 Sep 2017 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29197

Actions (login required)

View Item View Item