PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Purwamekar Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang)

Anne Amalia Oktaviani, 135060031 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Purwamekar Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER ANNE.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV SDN Purwamekar Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar siswa pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari II siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh hasil pada siklus I sebesar 76% dan meningkat pada siklus II sebesar 93%. Pada perencanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 79% dan meningkat pada siklus II sebesar 89%. Pada sikap percaya diri siklus I memperoleh hasil sebesar 68% dan meningkat pada siklus II sebesar 82%. Pada hasil belajar siswa yang di peroleh dari tiga aspek yaitu aspek afekt if, kognitif, dan psikomotor. Menunjukan bahwa pada siklus I siswa berhasil meraih ketuntasan sikap (afektif) 75%, pengetahuan (kognitif) sebesar 64%, dan keterampilan (psikomotor) 68%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil post test pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasa sikap (afektif) sebesar 86%, pengetahuan (kognitif) sebesar 89%, dan keterampilan (psikomotor) sebesar 93%. Selanjutnya pada keterampilan menggali informasi pada siklus I memperoleh hasil sebesar 68% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Hal itu di karenakan pada model pembelajaran discovery learning yang aktif selama pembelajaran adalah peserta didik sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwamekar. Dengan demikian model pembelajaran discovery learning dapat di jadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dan diharapkan guru dapat mencoba menerapkan model pembelajaran pada materi lain dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata kunci: DiscoveryLearning, rasapercayadiridanhasilbelajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2017 06:27
Last Modified: 12 Sep 2017 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item