ANI KANIA, 135030031 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI LEGENDA TANGKUBAN PERAHU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIKULASI DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
SAMPUL.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam proses membaca efektif dan pengembangan kreativitas dalam berpikir kirtis. Perkembangan globalisasi yang pesat menjadikan turununnya nilai moral pada generasi muda. Cerita legenda merupakan jenis cerita rakyat yang mengangkat asal-usul suatu daerah atau tempat. Pengenalan cerita legenda di sekolah umumnya hanya membaca dan medengarkan materi yang disampakan oleh guru sehingga membuat suasana belajar menjadi membosankan. Padahal materi legenda ini sangat menarik untuk dipelajari. Cerita legenda merupakan warisan nenek moyang yang perlu diperkenalkan dan dipertahankan kepada generasi muda. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-ekpsrimental dengan bentuk one-group pretes-postes design. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu dengan menggunakan model artikulasi di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil nilai perencanaan 3,9 dan pelaksanaan sebesar 3,8; 2) Peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung mampu mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan pretes ke postes yaitu dengan selisih 49. 3) Model artikulasi efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t_hitung > t_tabel yakni 37,59 > 29,1 pada tingkat keparcayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 30. Berdasarkan fakta tersebut, penulis simpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi informasi legenda Tangkuban Perahu dengan menggunakan model artikulasi di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung telah berhasil. Kata kunci: mengidentifikasi, model, artikulasi, informasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 04:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29194 |
Actions (login required)
View Item |