Ria Nurfitriani, 135030117 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING YANG ADA DALAM PROPOSAL KEGIATAN/PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DI KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.PDF Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II kajian teori dan kerangka pemikiran.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan suatu aktivitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, dan pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagaian orang, membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang dibaca dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Penting yang Ada dalam Proposal Kegiatan atau Penelitian dengan Menggunakan Metode Talking Stick di Kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung”. Perumusan masalah ini meliputi kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian, kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian, dan keefektifan metode talking stick dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Penting yang Ada dalam Proposal Kegiatan atau Penelitian dengan Menggunakan Metode Talking Stick di Kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung. Metode pembelajaran talking stick adalah metode pembelajaran yang dilaksanakan dengan bantuan sebuah tongkat. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu talking stick yaitu metode pembelajaran dengan bantuan tongkat bicara yang dilaksanakan dengan maksud untuk menumbuhan dan mengembangkan rasa percaya diri peserta didik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan, dan dapat penulis simpulkan sebagai berikut. Keberhasilan pertama dapat dibuktikan dari hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,69 dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi informasi penting yang yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian dengan menggunakan metode talking stick di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung. Keberhasilan kedua dapat dibuktikan dari hasil pretes dengan rata-rata 39,94 dan hasil postes dengan rata-rata 75,85. Perbedaan tersebut menunjukkan selisih 35,91 sehingga menghasilkan peningkatam dari pretes dan postes sebesar 35,91. Keberhasilan ketiga dapat terbukti berdasarkan hasil uji statistik yang menunjukkan thitung>ttabel, yaitu 11,22>2,042 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 34. Dengan demikian, penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukkan keberhasilan. Kata Kuci: pembelajaran, mengidentifikasi, proposal penelitian/kegiatan, metode talking stick.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 06:22 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 06:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29147 |
Actions (login required)
View Item |