SANTI NURYANTI, 135030034 (2017) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN INFORMASI DAN DATA DALAM BENTUK TEKS EKSPLANASI DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 CILAMAYA WETAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
SAMPUL.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kemampuan penulis melaksanakan pembelajaran menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi dengan media gambar seri peristiwa dan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cilamaya Wetan Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: a) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi dengan media gambar seri peristiwa pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cilamaya Wetan? b) Mampukah siswa kelas VIII SMPN 2 Cilamaya Wetan menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi dengan tepat? c) Efektifkah media gambar seri peristiwa digunakan dalam pembelajaran menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cilamaya Wetan? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi experimental dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi dengan media gambar seri peristiwa pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cilamaya Wetan. Hal ini terbukti dari hasil nilai pelaksanaan pembelajaran sebesar 63,3. 2. Siswa kelas VIII SMPN 2 Cilamaya Wetan mampu menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar seri peristiwa. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 41,6 dan nilai rata-rata postes yaitu 79,8. Jadi, adanya peningkatan 38,2 atau setara 110,8%. 3. Media gambar seri peristiwa efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cilamaya Wetan. Hak ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 19,1> ttabel 3,2 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 33. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran berhasil. Kata kunci: Menulis, Teks eksplanasi, Gambar Seri Peristiwa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 04:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29141 |
Actions (login required)
View Item |