PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGALOKASIAN ASISTEN (Studi Kasus : Laboratorium Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan (LPSTIUP))

ANGGORO ARI NURCAHYO, DS and Husni Sastramihardja, DS and Rubi Marjalis, DS (2016) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGALOKASIAN ASISTEN (Studi Kasus : Laboratorium Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan (LPSTIUP)). JURNAL INFOMATEK, 18 (1). pp. 1-16. ISSN 1411-0865

[img]
Preview
Text
000 COVER-Volume 18 No 1 Juni 2016.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
000 Judul Depan Vol. 18 No 1 Juni 2016.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
001 IF Anggoro Juni 2016 (1-16).pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sebagian besar mata kuliah Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan, memerlukan kegiatan yang dapat membantu mahasiswa untuk memahami materi ajar yang disampaikan dosen dikelas, maka untuk membantu mahasiswa tersebut diperlukan kegiatan praktikum setiap periode pengajarannya. Dalam penyelenggaran kegiatan praktikum diperlukan alokasi asisten yang bisa mendayagunakan asisten sesuai kebutuhan mata kuliah praktikum, sehingga asisten dapat membimbing praktikan dalam suatu kegiatan praktikum. Namun dalam penyesuaian pendayagunaan asisten ke dalam jadwal praktikum yang tersedia, kadang kala belum bisa memenuhi kebutuhan mata kuliah praktikum, karena latar belakang kompetensi asisten belum sesuai dengan kebutuhan mata kuliah praktikum, dan ketidakselarasan antara jadwal praktikum yang telah tersedia dengan waktu luang yang dimiliki asisten. Penelitian ini dilakukan untuk mengantisipasi masalahmasalah yang terjadi dalam pengalokasian asisten, dalam penelitian ini akan merancang sistem informasi pengalokasian asisten dengan menerapkan beberapa fungsi manajemen sumber daya manusia. Fungsi manajemen sumber daya manusia yang diusulkan adalah domain untuk mendapatkan kemampuan asisten, sehingga dapat menarik kesimpulan serta mengusulkan model sistem yang dapat membantu pengguna sistem dalam pengalokasian asisten. Berdasarkan hasil perancangan sistem informasi pengalokasian asisten, maka hasil rancangan model sistem informasi pengalokasian asisten ditunjukan untuk membantu LPSTIUP dalam pengalokasian asisten ke jadwal praktikum, sehingga pengalokasian asisten sesuai kebutuhan mata kuliah praktikum, berdasarkan histori alokasi asisten, dan kompetensi yang dimiliki asisten. Kata kunci: Asisten, Kompetensi asisten, Alokasi asisten, Kemampuan, Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia, Histori alokasi.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:17
Last Modified: 11 Sep 2017 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29135

Actions (login required)

View Item View Item