Aida Ambarawati, 135060097 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MEINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI SDN BOJONGLOA 2. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema manusia dan lingkungan dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak antusiasnya peserta didik dalam belajar dan tidak diberikan untuk peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya nilai sikap teliti, sikap percaya dirii, sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes, angket wawancara dan dokumentasi. Adapun peningkatan hasil belajar secara keseluruhan sebagai berikut. Pertama, adanya peningkatan sikap teliti pada siklus I mencapai 59%, siklus II mencapai 79% dan siklus III mencapai 88%. Kedua adanya peningkatan sikap percaya diri pada siklus I mencapai 41%, siklus II mencapai 74% dan siklus III mencapai 91%. Ketiga, adanya peningkatan sikap kerjasama pada siklus I mencapai 68%, siklus II mencapai 85% dan siklus III mencapai 97%. Keempat, adanya peningkatan aspek pemahaman/kognitif pada siklus I mencapai 47%, siklus II mencapai 68% dan siklus III mencapai 91%. Kelima, adanya peningkatan Keterampilan komunikasi/psikomotor pada siklus I mencapai 24%, siklus II mencapai 53% dan siklus III mencapai 82%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa subtema manusia dan lingkungan pada kelas V SDN Bojongloa 2 Kota Bandung dengan menerapkan model discovery learning dapat meningkatkan sikap teliti, sikap percaya diri, sikap kerjasama, dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 04:16 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29133 |
Actions (login required)
View Item |