PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MEINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI SDN BOJONGLOA 2

Aida Ambarawati, 135060097 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MEINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI SDN BOJONGLOA 2. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema manusia dan lingkungan dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak antusiasnya peserta didik dalam belajar dan tidak diberikan untuk peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya nilai sikap teliti, sikap percaya dirii, sikap kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes, angket wawancara dan dokumentasi. Adapun peningkatan hasil belajar secara keseluruhan sebagai berikut. Pertama, adanya peningkatan sikap teliti pada siklus I mencapai 59%, siklus II mencapai 79% dan siklus III mencapai 88%. Kedua adanya peningkatan sikap percaya diri pada siklus I mencapai 41%, siklus II mencapai 74% dan siklus III mencapai 91%. Ketiga, adanya peningkatan sikap kerjasama pada siklus I mencapai 68%, siklus II mencapai 85% dan siklus III mencapai 97%. Keempat, adanya peningkatan aspek pemahaman/kognitif pada siklus I mencapai 47%, siklus II mencapai 68% dan siklus III mencapai 91%. Kelima, adanya peningkatan Keterampilan komunikasi/psikomotor pada siklus I mencapai 24%, siklus II mencapai 53% dan siklus III mencapai 82%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa subtema manusia dan lingkungan pada kelas V SDN Bojongloa 2 Kota Bandung dengan menerapkan model discovery learning dapat meningkatkan sikap teliti, sikap percaya diri, sikap kerjasama, dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:16
Last Modified: 11 Sep 2017 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29133

Actions (login required)

View Item View Item