PEMBELAJARAN MENGANALISIS PESAN DARI BUKU FIKSI (NOVEL DAN KUMPULAN PUISI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS XI SMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ALFI SYAHRI KHUJRIYAH, 135030101 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS PESAN DARI BUKU FIKSI (NOVEL DAN KUMPULAN PUISI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS XI SMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bu titin.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Membaca merupakan suatu aktifitas alternatif untuk menangkap ide gagasan, dan pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagian orang, membaca dapat menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian berjudul “Pembelajaran Menganalisis Pesan dari Buku Fiksi (Novel dan Kumpulan Puisi) dengan Menggunakan Metode Example Non Example pada Siswa Kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung.” Permasalahan Penelitian yang dirumuskan sebagai berikut. (1) Mampukah penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran menganalisis pesan dari buki fiksi (novel dan kumpulan puisi) pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung tahun pelajaran 2016/2017? (2) Mampukah siswa kelas XI mengikuti pembelajaran menganalisis pesan dari buku fiksi (novel dan kumpulan puisi)? (3) Efektifkah metode example non example pada siswa kelas XI? (4) Keefektifan akan terlihat dari hasil, maka nilai harus masuk dan harus disesuaikan Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lalukan, penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menganalisis pesan dari buku fiksi (novel dan kumpulan puisi) dengan menggunakan metode example non example di kelas XI. Hal ini terbukti, hasil penilaian perencanaan yang diperoleh penulis yaitu 3,5 (A). (2) Siswa kelas XI mampu menganalisis pesan dari buku fiksi (novel dan kumpulan puisi). Nilai rata-rata pretes yaitu 66 sedangkan nilai rata-rata postes 95,5. Jadi terdapat peningkatan nilai dari pretes ke postes. (3) Metode example non example efektif digunakan dalam Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan t_hitung>t_tabel yaitu, 61,89 > 2.06 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebekasan 23. Dengan demikian, metode example non example efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis pesan dari buku fiksi (novel dan kumpulan puisi). Kata Kunci : Pembelajaran, menganalisis, pesan dari buku fiksi (novel dan kumpulan puisi), metode example non example.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Sep 2017 04:47
Last Modified: 09 Sep 2017 04:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29125

Actions (login required)

View Item View Item