DENI RAMDHANI, 135060127 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS IV PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN Sukamukti II Majalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan dalam kualitas pembelajaran subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia di SD Negeri Sukamukti II Majalengka khususnya di kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Peneltian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar siswa dan sikap peduli lingkungan yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, dan lembar pertanyaan. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama,adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran, pada siklus 1 peserta didik berhasil meraih nilai rata-rata 63,5. Kedua,siklus 2 merupakan perbaikan dari siklus 1 dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peserta didik meraih nilai dengan rata-rata 75. Ketiga pelaksanaan siklus 3 merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 86. Keempat Selain nilai dari siklus 1,2, dan 3 di atas,aktivitas belajar peserta didik pun mengalami peningkatan dengan rentang skala penilaian 1 – 4, siklus 1 aktivitas belajar peserta didik memperoleh nilai 2,47, mengalami peningkatan di siklus 2 menjadi 3,40 dan di siklus 3 menjadi 3,75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Dalam model pembelajaran ini,siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah yang telah diberikan. Maka,penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu pengenalan alternatif pembelajaran untuk diterapkan pada subtema manusia dan lingkungan di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, dan Peduli Lingkungan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 03:47 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 03:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29104 |
Actions (login required)
View Item |